Wednesday 11 March 2015

Ruqyah dalam Timbangan Islam





Ruqyah dalam Timbangan Islam
(Kajian Teori & Praktik Ruqyah)
  Penyusun: Ust. Irfan Abu Naveed

A. Pengertian Ruqyah Secara Bahasa & Istilah
Ruqyah berasal dari kata ( ) yang artinya do’a perlindungan disertai hembusan nafas. Imam Ibn Manzhur mengatakan:
“Ruqyah: do’a perlindungan, jamaknya ruqâ. … Dikatakan: peruqyah meruqyah dengan suatu jampi jika ia meminta perlindungan dan menghembuskan nafas dalam do’anya.”2
Pengertian ini sebagaimana diungkapkan oleh Imam al-Azhari dalam Tahdzîb al- Lughah.3 Adapun dalam pengertian istilah, Imam Ibn al-Atsir (w. 606 H) menuturkan:
”Ruqyah: do’a perlindungan dimana orang yang sakit, seperti sakit demam, kerasukan dan lain sebagainya dari beragam penderitaan dijampi-jampi dengannya.”4
Ruqyah dengan konotasi ( ) yakni memohon perlindungan pun disebutkan Imam
ar-Raghib al-Ashfahani5 dan Prof. Dr. Muhammad Rawwas Qal’ah Ji6. Lebih lengkap dijelaskan dalam kitab Fatâwâ al-Azhar:
Ar-Ruqâ’ jamak dari ruqyah, merupakan kata-kata yang diucapkan manusia untuk menangkal keburukan atau menghilangkannya, yakni membentengi diri dari hal-hal yang dibenci dengannya, atau mengobati orang yang sakit hingga terbebas dari penyakitnya.”
Namun pengertian yang lebih mapan memenuhi aspek mâni’ dan jâmi’ yakni apa yang diungkapkan oleh Dr. Muhammad Yusuf al-Jurani, ia menyimpulkan setelah mengumpulkan berbagai pengertian ruqyah syar’iyyah yang diungkapkan para ulama:
”Ruqyah yakni do’a perlindungan (pencegahan) bagi orang yang sakit dengan membaca ayat-ayat al-Qur’an al-Karim, Nama-Nama Allah dan Sifat-Sifat-Nya, disamping do’a-do’a syar’i yang menggunakan bahasa arab –atau selain bahasa arab yang diketahui maknanya- disertai hembusan nafas; untuk memelihara kesehatan, menolak bala’ dan mengangkat penyakit.”7
1 Penulis buku Menyingkap Jin & Dukun Hitam Putih Indonesia, praktisi ruqyah syar’iyyah, staf
Kuliyyatusy-Syari’ah Ar-Raayah.
2Ibn Manzhur, Lisaan al-‘Arab, Kairo: Dar al-Ma’arif, juz III, hlm. 1711.
3Al-Azhari, Tahdziib al-Lughah, Beirut: Dar Ihya’ at-Turats al-‘Arabi, Cet. I, 2001, juz IX, 224.
4Majduddin Abu al-Sa’aadaat al-Mubarak bin Muhammad al-Jazari, Al-Nihaayah fii Ghariiib al-Hadiits, al-Maktabah al-Islamiyyah, Cet. I, 1383 H, juz II, hlm. 254.
5Abu al-Qâsim al-Husain bin Muhammad ar-Râghib al-Ashfahani, Al-Mufradât fî Gharîb al-Qur’ân, Maktabah Nazâr Mushthafa al-Bâz, juz. II, hlm. 458.
6Prof. Dr. Muhammad Rawwas Qal’ah Ji, Mu’jam Lughatil Fuqahaa’, Beirut: Dar an-Nafaa’is, Cet. II,
1408 H.
7Dr. Muhammad Yusuf al-Jurani, Ar-Ruqyah asy-Syar’iyyah Min al-Kitaab wa as-Sunnah an- Nabawiyyah, Amman: Dar an-Nafaa’is, Cet. IV, 1434 H, hlm. 86.
Pelatihan Ruqyah Syar’iyyah :: Irfan Abu Naveed | 1
B. Klasifikasi Ruqyah
Dalam kitab Fatâwâ’ al-Azhar disebutkan bahwa dahulu orang-orang arab sebelum Islam meyakini bahwa ruqyah berpengaruh dengan sendirinya, tanpa ada campur tangan kuasa pihak lainnya, disamping pemilihan kata-kata ruqyahnya yang didasari keyakinan- keyakinan yang dibatalkan islam. Oleh karena itu, andil islam terhadap ruqyah yakni dengan meluruskan kesalahan-kesalahan dalam akidah, dan menetapkan bahwa ruqyah tidak berpengaruh kecuali dengan kehendak kuasa Allah , disamping menolak kata-kata ruqyah yang menyalahi akidah islam yang benar. Sehingga kata-kata dalam ruqyah bisa diterima disamping keyakinan bahwa pengaruh ruqyah terwujud dengan kehendak kuasa Allah hukumnya diperbolehkan, seperti do’a atau obat. Oleh karena itu, kita bisa memahami hal- hal yang dijelaskan dalam nash-nash yang menolak atau memperbolehkan ruqyah.
Pertama, Ruqyah Syar’iyyah
Yakni ruqyah yang mengandung bacaan KitabuLlâh, Sunnah Rasulullah , dan tidak bertentangan dengan prinsip keduanya.8 Maka suatu ruqyah dinyatakan syar’iyyah jika memenuhi tiga syarat:
Pertama, menggunakan Kalam Allâh (al-Qur’ân al-Karîm), Nama-Nama & Sifat-Nya
(disamping dengan do’a-do’a dari Rasûlullâh .
Kedua, menggunakan (do’a-do’a) bahasa arab atau bahasa apa saja yang diketahui maknanya, tidak menggunakan lafazh-lafazh yang tak diketahui, mantra yang samar dan jampi-jampi yang diucapkan para dukun dan dajjal secara tersembunyi, yang diperangi oleh Allah (diharamkan dengan tegas-pen.).
Ketiga, diyakini bahwa Ruqyah tidak berpengaruh dengan sendirinya, tetapi atas izin Allâh. Ruqyah dan orang yang membacanya (al-râqiy) hanyalah sebab (wasilah syar’iyyah mengupayakan kesembuhan dari Allâh ).9
·Imam Ibn al-Tin mengatakan:
“Ruqyah dengan do’a-do’a perlindungan dan selainnya dari Nama-Nama Allah merupakan pengobatan ruhani. Jika dipanjatkan oleh lisan yang baik akan mendatangkan kesembuhan atas izin Allah SWT.”10
·Al-Hafizh al-Qurthubi mengatakan:
8Ibid.
9Kesepakatan (konsensus) di atas dijelaskan para ulama. Di antara mereka adalah Al-Hafizh Imam Ibnu Hajar al-‘Asqalani dalam Fat-hul Bârî’ (10/195), Imam al-Suyuti dalam Syarh Kitâb al-Tawhîd (1/136), al- Imam al-Hafizh al-Nawawi dalam Syarh al-Nawawiy (14/168), Imam al-Zarqaniy dalam Syarh al-Zarqaniy dan Imam al-Syawkani dalam Faydh al-Qadiir (1/558).
10Lihat: al-Itqaan fii ‘Uluum al-Qur’aan, al-Imam al-Suyuthi & Fat-h al-Baariy (10/196), Imam Ibn
Hajar al-‘Asqalaniy.
Pelatihan Ruqyah Syar’iyyah :: Irfan Abu Naveed | 2
“Diperbolehkan ruqyah dengan Kalamullah dan Nama-Nama-Nya, karena jika memang menggunakan do’a-do’a ma’tsur hukumnya disunnahkan.”
·Imam al-Khithabi mengatakan:
“Jika ruqyah menggunakan ayat-ayat al-Qur’an dan Nama-Nama Allah maka hukumnya boleh, atau bahkan dianjurkan.”
·Imam al-Rabi’ mengatakan:
“Saya bertanya kepada Imam al-Syafi’i tentang ruqyah, ia mengatakan: “Tidak mengapa meruqyah dengan al-Qur’an atau dengan kata-kata yan diketahui artinya dari dzikrullah”.”11
·Imam Ibn Bathal mengatakan:
“Dalam do’a-do’a perlindungan (al-ikhlâsh, al-falaq, al-nâs) mengandung rahasia yang tidak dikandung ayat-ayat lainnya dalam al-Qur’an. Dimana ketiganya mengandung kumpulan do’a yang mencakup hal-hal yang dibenci seperti sihir, hasad, keburukan syaithan dan bisikan jahatnya, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, Nabi mencukupkan diri (meruqyah- pen.) dengannya.”
·Imam al-Khiththabi mengatakan:
“Adapun jika ruqyah dengan al-Qur’an atau dengan Nama-Nama Allah maka hukumnya boleh. Karena Nabi pernah meruqyah Hasan dan Husayn, beliau mengatakan: “ تاملكب امكذيعأ ةملا نيع لك نمو ةماهو ناطيش لك نم ةماتلا الله”. Kepada Allah kita memohon pertolongan dan kepada-Nya kita bergantung.”12
Kedua, Ruqyah Syirkiyyah
Yakni ruqyah yang mengandung perkataan dan jampi-jampi yang tidak dipahami, lafazh-lafazh yang tidak diketahui artinya, dan ia termasuk simbol-simbol syirik yang ada di sisi para wali syaithan dan golongannya.13 Ciri-cirinya:
·Menggunakan lafazh-lafazh syirik, batil misalnya permohonan kepada jin.
Contoh Kasus: lafazh jangjawokan atau mantra kunjali asih untuk pelet, keduanya menggunakan kata-kata yang tak diketahui artinya, dan bisa dipastikan mengandung kemungkaran. Atau ada juga yang berbahasa arab yang bisa kita pahami maknanya namun jelas batil karena meminta bantuan jin, misalnya:
Artinya: “Kabulkanlah wahai jin pelayan nama-nama ini: .........
(angka-angka arab)”
11Lihat: Fat-hul Baari’ (10/197).
12Lihat: Al-Kabaa-ir, al-Imam al-Hafizh Syamsuddin Abu ‘Abdillah Muhammad bin Ahmad bin ‘Utsman
al-Dzahabiy.
13 Ibid.
Pelatihan Ruqyah Syar’iyyah :: Irfan Abu Naveed | 3
Ruqyah syirkiyyah, termasuk ke dalam larangan dalam hadits dari ‘Auf bin Malik al- Asyja’i yang berkata:
“Kami biasa meruqyah pada zaman jahiliyyah, maka kami bertanya: “Wahai Rasûlullâh, bagaimana menurut anda hal itu?” Beliau bersabda: ‘Perdengarkan kepadaku ruqyah-ruqyah kalian. Tidak apa-apa meruqyah selama tidak mengandung syirik’.” (HR. Muslim no. 4079)
Dalam hadits lainnya, Rasulullah bersabda:
“Sesungguhnya ruqyah-ruqyah, jimat-jimat dan guna-guna itu syirik.” (HR. Muslim no. 4079)
Al-Hafizh an-Nawawi dalam Syarh Shahîh Muslim menjelaskan ketika menggabungkan hadits-hadits yang mengandung larangan dan kebolehan ruqyah:
“Sesungguhnya larangan terhadap ruqyah berlaku bagi ruqyah yang menggunakan perkataan kufur, dan ruqyah yang tak diketahui artinya misalnya menggunakan bahasa selain bahasa arab atau apapun yang tak diketahui artinya. Ruqyah jenis ini tercela karena kemungkinan mengandung kekufuran atau mendekati kekufuran atau mengandung sesuatu yang dibenci. Adapun ruqyah dengan ayat-ayat al-Qur’an, zikir-zikir yang baik maka tidak terlarang bahkan dihukumi sunnah.”14
Dalam kitab al-Fatâwâ al-Hadîtsiyyah (hlm. 88) dikatakan:
“Dan diantara ulama yang menjelaskan keharaman ruqyah dengan bahasa ‘ajam yang tak diketahui artinya adalah Imam Ibn Rusyd al-Malikiy, Imam ‘Izzuddin bin ‘Abdissalam al-
Syafi’iy, satu golongan dari guru-guru kita dan para ulama lainnya.”
·Bergantung pada bantuan jin-jin yang dijadikan khadam disamping keyakinan bahwa jin- jin ini yang berkuasa atas urusannya.
Contoh Kasus: Ada seorang dukun di sukabumi yang menjampi air, dan mensyaratkan tidak boleh diminum melebihi batas tertentu, jika melanggar pantangan ini akan menimbulkan efek panas pada orang yang meminumnya. Di sisi lain, air itu hanya air kemasan biasa yang dibeli di warung, dan jika diminum tidak menimbulkan efek panas.
·Menggunakan sarana-sarana yang aneh dan tidak ilmiah misalnya air namun disyaratkan dengan syarat-syarat tertentu yang ganjil.
Contoh Kasus: dukun pria dan ‘klien’ perempuannya berdua-duaan (khalwat), dan melarang mahram atau suaminya untuk masuk ruangan khusus praktiknya, kasus dukun cabul misalnya. Atau disamping ruqyahnya yang batil, si dukun pun meminta berbagai persyaratan ritual atau sesaji berupa binatang sembelihan yang disembelih untuk selain-Nya. Keharaman perkara-perkara ini sudah jelas!
14 Al-Hafizh al-Nawawi, Syarh Shahiih Muslim, juz XIV, hlm. 196.
Pelatihan Ruqyah Syar’iyyah :: Irfan Abu Naveed | 4
“Apakah akan Aku beritakan kepadamu, kepada siapa syaithân- syaithân itu turun? Mereka turun kepada tiap-tiap pendusta lagi yang banyak dosa, mereka menghadapkan pendengaran (kepada syaithân) itu, dan kebanyakan mereka adalah orang-orang pendusta.” (QS. Al-Syu’arâ [26]: 221-223)
C. Landasan Syar’i Ruqyah Syar’iyyah
Landasan syar’i ruqyah bisa kita temukan dalam banyak kitab hadits, termasuk kitab hadits dua ahli hadits terkemuka Imam al-Bukhari dan Imam Muslim. Dalil-dalil hadits mencakup keterangan:
·Rasulullah meruqyah dirinya sendiri.
·Rasulullah diruqyah Jibril dan ‘Aisyah
·Rasulullah meruqyah sejumlah sahabat.
·Rasulullah memerintahkan ruqyah dan membenarkan ruqyah sejumlah sahabat. Keterangan lebih rinci sebagai berikut:
Pertama, Rasulullah Meruqyah Dirinya Sendiri
·Hadîts dari ‘Aisyah :
“Bahwa Rasûlullâh ketika hendak tidur, beliau meniupkan ke kedua tangannya sambil membaca dua surat perlindungan (surat al-Nâs dan al-Falaq), lalu beliau mengusapkan ke badannya.” (HR. al-Bukhârî no. 5844)
·Hadîts dari Ibn Mas’ud :




“Ketika Rasûlullâh sedang sujud dalam shalatnya, jari beliau disengat Kalajengking. Setelah selesai shalat, beliau bersabda, ‘Semoga Allâh melaknat Kalajengking yang tidak memandang nabi atau selainnya.’ Lalu beliau mengambil wadah yang berisi air dan garam. Kemudian beliau meletakkan bagian tangan yang tersengat Kalajengking dalam larutan air dan garam (merendamnya), seraya membaca surat al-Ikhlâsh, al-Falaq dan al-Nâs, sampai beliau merasa tenang.” (HR. al-Baihaqi dari
Ibnu Mas’ud)15
Kedua, Rasulullah Diruqyah Jibril dan ‘Aisyah
·Hadîts dari Abu Sa’id Al-Khudri bahwa Jibril datang kepada Rasûlullâh dan bertanya kepadanya: “Wahai Muhammad, apakah engkau sakit?” Beliau menjawab, “Ya!” Maka Jibril berkata:
Dengan nama Allâh, aku meruqyahmu dari setiap penyakit yang membahayakanmu dan dari kejahatan setiap jiwa yang jahat atau mata jahat pendengki. Semoga Allâh menyembuhkanmu. Dengan nama Allâh aku meruqyahmu.” (HR. Muslim no. 4056)
Ketiga, Rasulullah Meruqyah Sejumlah Shahabat
·Hadîts dari ‘Aisyah bahwa apabila seseorang mengadukan suatu penyakit yang dideritanya kepada Rasûlullâh , seperti sakit kudis, atau luka, maka Nabi berucap
15 Imam al-Haitsami menyatakan bahwa sanad hadîts tersebut hasan.
Pelatihan Ruqyah Syar’iyyah :: Irfan Abu Naveed | 5
sambil menggerakkan anak jarinya seperti ini -Sufyan meletakkan telunjuknya ke tanah, kemudian mengangkatnya:
”Dengan nama Allah, dengan debu di bumi16 kami, dan dengan ludah sebagian kami, semoga sembuhlah penyakit kami dengan izin Rabb kami.”
Ibn Abu Syaibah berkata: “Ruqyah tersebut berbunyi: Yusyfâ saqîmunâ'.” Dan Zuhair berkata: “Do’a ruqyah tersebut berbunyi; Liyusyfâ saqîmunâ.” (HR. Muslim no. 4069)
Keempat, Rasulullah Memerintahkan Ruqyah dan Membenarkan Ruqyah Sejumlah
Shahabat
·Hadîts dari Ummu Salamah :
Bahwa Nabi melihat budak wanita di rumahnya, ketika beliau melihat bekas hitam pada wajah budak wanita itu, beliau bersabda: "Ruqyahlah dia, karena padanya terdapat nazhrah (sisa sakit yang disebabkan karena sorotan mata jahat)." (HR. al-Bukhârî no. 5298)
·Hadîts dari ‘Aisyah :
Rasûlullâh memerintahkan kami supaya meruqyah orang yang terkena penyakit 'ain
(gangguan sihir).” (HR. al-Bukhârî & Muslim)
·Hadîts dari ‘Auf bin Malik al-Asyja’i :
“Kami biasa meruqyah pada zaman jahiliyyah, maka kami bertanya: “Wahai Rasûlullâh, bagaimana menurut anda hal itu?” Beliau bersabda: “Perdengarkan kepadaku ruqyah-ruqyah kalian. Tidak apa-apa meruqyah selama tidak mengandung syirik”.” (HR. Muslim no. 4079)
D. Adab-Adab Ruqyah Syar’iyyah
Ruqyah syar’iyyah merupakan do’a dan tawassul kepada Allâh . Sudah barangtentu Islam menggariskan adab-adabnya, agar kesembuhan bisa diupayakan dengan optimal. Pemahaman dan pengamalan terhadap adab-adab ini sangat penting!
Pertama, meyakini bahwa tidak ada kesembuhan kecuali dari Allâh , dan ruqyah hanyalah salah satu wasîlah kesembuhan yang dapat diusahakan seorang hamba (sabab syar’i).
“Dan apabila aku sakit, Dialah Yang menyembuhkan aku” (QS. al-Syu’arâ’ [26]: 80)
Rasûlullâh mengatakan dalam do’a beliau:
“Tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dari-Mu” (HR. Muttafaq ‘alayh)
Kedua, Ikhlas menghadapkan diri kepada Allâh dan ikhlas mengharapkan ridha’ Allâh ketika membaca do’a-do’a ruqyah:
16 Mayoritas ulama berkata, “Yang dimaksud dengan bumi (tanah) kami ialah tanah di bumi secara keseluruhan.” Ada yang mengatakan, “Tanah di Madinah karena keberkahannya.” Makna hadits bahwa beliau saw mengambil air ludah beliau dengan jari telunjuk, kemudian meletakkannya di tanah, lalu menggantungkan sesuatu dari tanah itu, lalu beliau menggunakannya untuk mengobati luka atau orang yang sakit. Kalimat tersebut diucapkan di saat mengusap.
Pelatihan Ruqyah Syar’iyyah :: Irfan Abu Naveed | 6
“Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allâh dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya dalam (menjalankan) agama yang lurus...” (QS. al-Bayyinah [98]: 5)17
Karena ayat al-Qur’an merupakan do’a utama dalam ruqyah, maka relevan jika penulis kutip pernyataan Al-Hafizh al-Imam al-Nawawi yang mengungkapkan:
“Yang pertama dalam hal ini, bahwa wajib atas pembaca al-Qur’ân, berniat ikhlas sebagaimana yang telah kami kemukakan dan menjaga adab berinteraksi dengan al-Qur’ân, dan sudah semestinya ia menghadirkan dalam benaknya bahwa ia sedang bermunajat kepada Allâh dan membaca Al-Qur’ân seperti keadaan orang yang (seakan-akan) melihat
Allâh.”18
Ketiga, tawakal kepada Allah disertai pengharapan (raja’) pada-Nya:
“(Dia-lah) Allâh tidak ada Tuhan selain Dia. Dan hendaklah orang-orang mukmin bertawakal kepada
Allâh saja.” (QS. al-Taghâbun [64]: 13)
Dalil-dalil al-Qur’ân19 dan as-Sunnah mengenai tawakal mengandung qarînah yang tegas berupa pujian Allâh kepada orang-orang yang bertawakal kepada-Nya. Maka, jelas pasti kewajiban bertawakal pada Allâh saja dan berdosa bagi orang yang meninggalkannya.
Keempat, Ruqyah tidak boleh dengan do’a, bacaan, media atau apapun yang mengandung syirik (baca: segala hal yang dilarang syari’at Islam), ruqyah wajib sejalan dengan akidah dan syari’at islam. Rasûlullâh dalam sabdanya yang mulia menegaskan batasan ini, beliau bersabda:
“Tidak apa-apa meruqyah selama tidak mengandung kesyirikan” (HR. Muslim)
Kelima, Menghayati makna yang terkandung dalam bacaan ruqyah (merupakan do’a).
Khususnya ayat-ayat al-Qur’ân, diantaranya dengan jalan memahami tafsirnya20 dan memahami keistimewaan-keistimewaannya. Termasuk bagi orang yang diruqyah sebagaimana firman Allah :
“Dan apabila dibacakan Al-Qur’ân, maka dengarkanlah baik-baik, dan perhatikanlah dengan tenang agar kamu mendapat rahmat.” (QS. al-A’râf [7]: 204)
Menafsirkan ayat ini, Imam Abu Ja’far al-Thabariy menuturkan: “Allah berfirman untuk memperingatkan orang-orang beriman, yakni orang-orang yang membenarkan kitab- Nya, yakni al-Qur’an yang menjadi petunjuk dan rahmat bagi mereka: (jika dibacakan (al-
Qur’an)) terhadap kalian wahai orang-orang yang beriman (maka dengarkanlah) yakni dengarkan dengan pendengaran kalian agar memahami ayat-ayat-Nya dan mengambil
17Lihat pula QS. Yunus [10]: 105
18Al-Hafizh al-Nawawi, Al-Tibyân fî âdabi Hamalatil Qur’ân.
19Lihat pula QS. Âli ’Imrân [3]: 173, QS. al-Furqân [25]: 58, QS. al-Tawbah [9]: 129, QS. al-Thalâq [65]: 3, QS. Hûd [11]: 123, QS. al-Anfâl [8]: 49.
20Bisa dilihat dalam kitab-kitab tafsir para ulama.
Pelatihan Ruqyah Syar’iyyah :: Irfan Abu Naveed | 7
pelajaran dari petunjuk-petunjuk-Nya, (dan perhatikanlah) untuk memikirkan dan mentadaburinya (agar kalian mendapat rahmat) agar Allah merahmati kalian dengan mengikuti petunjuk-petunjuk-Nya, mempelajari ajaran-ajaran-Nya, dan menjalankan berbagai kewajiban yang dijelaskan-Nya terhadap kalian dalam ayat-ayat-Nya.”21
E. Optimalisasi Tempat Ruqyah
Ruqyah syar’iyyah, dalam praktiknya bisa dioptimalkan di antaranya dengan tiga hal berikut: Pertama, banyak berdo’a pada waktu yang ditunjuk syari’at sebagai waktu diijabahnya do’a. Kedua, mempersiapkan tempat sehingga bersih dari beragam bentuk najis dan segala hal yang mendatangkan murka Allâh. Ketiga, ketersediaan perlengkapan yang bisa mendukung terapi ruqyah. Diantaranya:
Tempat yang Bersih dari Najis & Kemungkaran
Diantara hal penting yang berpengaruh terhadap keberhasilan terapi ruqyah syar’iyyah ialah tempat. Perhatian Islam terhadap hal ini, bisa dipahami berdasarkan dalil- dalil syara’ (umum (mujmal) maupun terperinci (tafshily)). Dan penulis simpulkan berdasarkan al-Sunnah, penjelasan para ulama22, dan pengalaman terapi sebagai berikut:
·Bersih dari Beragam Bentuk Najis
Ruqyah dibacakan di tempat yang suci. Dalam pemahaman penulis, sebagaimana
adab ketika membaca al-Qur’ân karena diantara bacaan utama ruqyah adalah ayat al- Qur’an.23 Al-Hafizh al-Imam al-Nawawi berkata dalam kitab al-Tibyân fî Âdâb Hamalatil Qur’ân:
“Disunnahkan membaca Al-Qur’ân di tempat yang bersih (dan terpilih –pen.). Sejumlah ulama pun menganjurkan membaca Al-Qur’ân di masjid karena terkumpul di dalamnya kebersihan dan kemuliaan tempat serta menghasilkan keutamaan lain, yakni pahala i’tikaf.
Dan setiap orang yang duduk di masjid sepatutnya berniat i’tikaf, sama saja apakah duduk lama atau sebentar. Dan sudah sepatutnya berniat i’tikaf ketika awal masuk ke masjid.”24
·Bersih dari Segala Bentuk Kemungkaran
Tempat tersebut bersih dari segala sesuatu yang menyebabkan datangnya murka
Allâh . Diantaranya sebagai Malaikat tidak akan masuk ke rumah atau tempat yang di dalamnya terdapat: patung atau gambar (manusia atau binatang, dikecualikan mainan atau boneka anak-anak) berdasarkan dalil-dalil hadits sebagai berikut: 25
“Malaikat tidak akan masuk ke dalam rumah yang di dalamnya terdapat anjing dan gambar.”
Maksudnya adalah gambar yang bernyawa. (HR. al-Bukhârî no. 3701)
21Al-Hafizh Abu Ja’far al-Thabari, Jaami’ al-Bayaan fii Ta’wiil al-Qur’aan.
22Syaikh Ahmad Ramadhan (lihat: ‘Amaliyyah Ikhraj al-Jin wa Ibthal al-Sihr), Syaikh Wahid ‘Abd al- Salam Bâli (lihat: Wiqâyah al-Insân Min al-Jin wa al-Syaithân) dan Syaikh Ibrahim ‘Abd al-‘Alim.
23Pembahasan yang bagus tentang ini, dipaparkan al-Hafizh Imam al-Nawawi dalam kitabnya, al- Tibyân fî Âdâb Hamalatil Qur’ân.
24Al-Hafizh al-Nawawi, Al-Tibyân fî Âdâb Hamalatil Qur’ân.
25Lihat: kitab-kitab hadits; Shahîh Bukhârî, Shahîh Muslim, Musnad Ahmad, Sunan Abu Dawud, Sunan al-Tirmidzi, Muwaththa’ Malik, Sunan al-Darimi, Sunan Nasa’i, Sunan Ibnu Majah. Yang penulis temukan, ada puluhan hadits tentang ini yang termaktub dalam kitab-kitab tersebut.
Pelatihan Ruqyah Syar’iyyah :: Irfan Abu Naveed | 8
“Malaikat tidak mau masuk ke rumah yang di dalamnya terdapat patung-patung atau gambar- gambar.” (HR. Muslim no. 3948)
F. Beragam Bentuk Terapi Pendukung Ruqyah
·Terapi Air Do’a & Daun Bidara
Tentang terapi daun bidara, para ulama menjelaskan sebagai berikut:

“Dan diperbolehkan bagi kita membacakan do’a ruqyah syar’iyyah pada air yang suci dalam wadah yang bersih, kemudian memerintahkan orang yang sakit untuk meminumnya dengan keyakinan bahwa kesembuhan hanya dari Allah. Dan diperbolehkan juga menumbuk tujuh lembar daun sidr hijau (bidara hijau) di antara dua batu atau yang semisalnya, kemudian mengalirkan air padanya yang cukup untuk dipakai mandi, dan dibacakan zikir-zikir syar’i dari ayat-ayat al-Qur’an al-Karim. Setelah itu, air tersebut diminum tiga kali dan sisanya dipakai untuk mandi. Maka jadilah ia obat atas kehendak Allah , dan tidak mengapa jika diperlukan mengulangnya sekali lagi atau lebih, hingga hilang penyakitnya. Banyak orang yang mencoba cara ini, dan Allah memberinya kemanfaatan. Terlebih bagi pria yang terhalang berhubungan intim dengan istrinya (karena sihir ikatan).”26
Bacakan ayat-ayat berikut ini pada air tersebut: bacakan padanya ayat-ayat: QS. al- Baqarah [2]: 255, QS. al-A’râf [7]: 117-122, QS. Yûnus [10]: 79-82, QS. Thâhâ [20]: 65-70, QS. al- Kâfirûn [109]: 1-6, QS. al-Ikhlâsh [112]: 1-4, QS. al-Falaq [113]: 1-5, QS. al-Nâs [114]: 1-6.
26 Lihat: Fataawaa Ibn Baaz (3/279), Fat-h al-Majiid (hlm. 346), Mushannif ‘Abd al-Razaaq (11/13), Fat-h al-Baariy (10/233).
Pelatihan Ruqyah Syar’iyyah :: Irfan Abu Naveed | 9
·Terapi Ruqyah dengan Tanah
Terapi ruqyah dengan tanah bisa dilakukan berdasarkan hadîts-Adalah Rasûlullâh pada waktu meruqyah bersabda:
“Debu tanah kami dengan air ludah sebagian kami semoga sembuh orang yang sakit diantara kami dengan izin Rabb kami." (HR. al-Bukhârî, Ibn Hibbân)
Bahwa apabila seseorang mengadukan suatu penyakit yang dideritanya kepada Rasûlullâh , seperti sakit kudis, atau luka, maka Nabi berucap sambil menggerakkan anak jarinya seperti ini -Sufyan meletakkan telunjuknya ke tanah, kemudian mengangkatnya, ”Dengan
Pelatihan Ruqyah Syar’iyyah :: Irfan Abu Naveed | 10
nama Allâh, dengan debu di bumi kami, dan dengan ludah sebagian kami, semoga sembuhlah penyakit kami dengan izin Rabb kami”. Ibnu Abu Syaibah berkata; ruqyah tersebut berbunyi; Yusyfâ saqîmunâ'. Dan Zuhair berkata; Do’a ruqyah tersebut berbunyi;
Liyusyfâ saqîmunâ.' (HR. Muslim)
Sebagian besar ulama berkata: “Yang dimaksud dengan bumi (tanah) kami ialah tanah di bumi secara keseluruhan.” Ada yang mengatakan: “Tanah di Madinah karena keberkahannya.” Makna hadits bahwa beliau mengambil air ludah beliau dengan jari telunjuk, kemudian meletakkannya di tanah, lalu menggantungkan sesuatu dari tanah itu, lalu beliau menggunakannya untuk mengobati luka atau orang yang sakit. Kalimat tersebut diucapkan ketika mengusap.
· Terapi Membasuh, Merendam, Memandikan Orang yang Sakit dengan Air Garam
Penulis tegaskan, air dicampur garam yang dibacakan ruqyah syar’iyyah hukumnya boleh digunakan untuk membantu terapi. Berdasarkan penjelasan para ulama, garam yang utama dipakai dalam terapi ruqyah ialah garam Inggris atau garam gunung Himalaya.
Prinsip Akidah Islam
Meyakini hanya Allâh yang memberikan kesembuhan:
“Dan apabila aku sakit, Dialah Yang menyembuhkan aku” (QS. al-Syu’arâ’ [26]: 80)
Air dan garam hanya salah satu wasilah yang sama kedudukannya seperti obat- obatan dokter, sebagai bentuk ikhtiar mengupayakan kesembuhan.
Dalil-Dalil Syari’at Penggunaan Garam & Aplikasinya
Pertama, Membaca al-Fâtihah, Ludahkan pada Bagian Tubuh yang Sakit
Berdasarkan hadits dari Abu Sa’id al-Khudriy diriwayatkan Imam Bukhari & Muslim dalam shahîhayn, yakni dengan membaca QS. al-Fâtihah, kemudian meludahi bagian tubuh yang tersengat bisa.
Kedua, Air Garam Diusapkan pada Bagian yang Sakit (Baca: al-Kâfirûn, al-Falaq dan al- Nâs)

“Ketika Nabi sedang shalat, beliau digigit Kalajengking. Setelah beliau selesai shalat, beliau bersabda, ‘Semoga Allâh melaknat Kalajengking yang tidak membiarkan orang yang sedang shalat atau yang lainnya.’ Lalu beliau mengambil satu wadah air dan garam. Kemudian beliau usap bagian anggota badan yang digigit Kalajengking, seraya membaca surat al-Kâfirûn, al-Falaq dan al-Nâs.”
(HR. Thabrani dari ‘Ali)27
Ketiga, Air Garam Dialirkan & Diusapkan pada Bagian yang Sakit (Baca: al-Falaq dan al- Nâs)
27 Imam al-Haitsami menyatakan, ‘Sanad hadîts ini hasan (baik)’. Lihat: Majma’ al-Zawaid (5/ 111)
Pelatihan Ruqyah Syar’iyyah :: Irfan Abu Naveed | 11

“Pada suatu malam, ketika Rasûlullâh sedang shalat, saat beliau meletakkan tangannya di atas tanah (sedang sujud), ada kalajengking yang menggigitnya. Kemudian beliau mengambil sandal (terompahnya), lalu membunuhnya. Setelah selesai, beliau bersabda: ”Semoga Allâh melaknat Kalajengking yang tidak membiarkan orang yang sedang shalat atau yang lainnya, juga tidak pandang nabi atau lainnya.” Lalu beliau mengambil sewadah air dan garam, dan mencampurkannya di wadah. Kemudian beliau mengguyurkannya ke tangan yang disengat Kalajengking, dan mengusapnya seraya membaca surat al-Falaq dan al-Nâs.” (HR. al-Baihaqi dan Ibnu Abi Syaibah dari ‘Ali)
Keempat, Bagian Tubuh yang Sakit Direndam Air Garam (Baca: al-Ikhlâsh, al-Falaq dan al-Nâs)




“Ketika Rasûlullâh sedang sujud dalam shalatnya, jari beliau disengat Kalajengking. Setelah selesai shalat, beliau bersabda, ‘Semoga Allâh melaknat Kalajengking yang tidak memandang nabi atau selainnya.’ Lalu beliau mengambil wadah yang berisi air dan garam. Kemudian beliau meletakkan bagian tangan yang tersengat Kalajengking dalam larutan air dan garam (merendamnya), seraya membaca surat al-Ikhlâsh, al-Falaq dan al-Nâs, sampai beliau merasa tenang.” (HR. al-Baihaqi dari
Ibnu Mas’ud)28
Berkaitan dengan riwayat tersebut, Imam ‘Abd al-Rauf al-Manawi berkata: “Dalam riwayat itu Rasûlullâh telah memadukan antara obat yang bersifat alami dengan obat yang bersifat Ilahi. Sedangkan surat Ikhlâsh yang beliau baca, mengandung kesempurnaan tauhid, dari sisi pengetahuan dan keyakinan. Adapun surat al-Mu’awwidzâtayn (al-Falaq dan al- Ikhlâsh) mengandung permohonan perlindungan dari segala hal yang tidak disukai, secara global dan terinci. Dan garam yang beliau gunakan, merupakan materi yang sangat bermanfaat untuk menetralisir racun.”29
Syaikh Riyadh Muhammad Samahah mengatakan: “Sesungguhnya tindakan itu
(terapi air garam) diperbolehkan. Silahkan lihat Tafsîr Ibnu Katsîr, juz. I hlm. 148, Fat-hul Bârî’ juz XXI/hlm. 366, Tafsîr al-Qurthubî, juz I/hlm. 439-440.”
Air & Garam yang Direkomendasikan
Air yang paling utama adalah air zam zam, termasuk jika dipakai dalam terapi ruqyah. Dan juga garam bukit.
·Terapi Asupan Makanan (Kurma ‘Ajwah)
Makanan yang direkomendasikan Rasûlullâh untuk mencegah sihir ialah kurma
‘ajwah, hal ini berdasarkan dalil-dalil berikut:
28Imam al-Haitsami menyatakan bahwa sanad hadîts tersebut hasan.
29Lihat: Faydh al-Qadir (5/ 270)
Pelatihan Ruqyah Syar’iyyah :: Irfan Abu Naveed | 12
“Barangsiapa setiap pagi mengkonsumsi tujuh butir kurma 'Ajwah, maka pada hari itu ia akan terhindar dari racun dan sihir." (HR. al-Bukhârî, Muslim, Abu Dawud. Lafal al-Bukhârî)30
Yang lebih sempurna ialah kurma yang ada di antara dua kampung (Madinah), sebagaimana yang telah disebutkan dalam riwayat Muslim. Syaikh ‘Abd al-’Azhim bertutur: “Berdasarkan sejumlah hadits, ada yang membatasi atau mengkhususkan jenis kurma dengan kurma Madinah atau dengan istilah ‘Aliyah Madinah (‘Aliyah merupakan nama suatu tempat di Madinah).”
Dalam sebuah referensi dikatakan bahwa yang lebih bagus adalah kurma Madinah, sebagaimana diriwayatkan dalam hadits Imam Muslim. Ibn Baz memandang bahwa semua jenis kurma Madinah memiliki sifat ini, berdasarkan sabda Rasulullah . Dari Amir bin Sa'ad bin Abu Waqqash dari Bapaknya, ia berkata bahwa Rasulullah bersabda:
“Barangsiapa memakan tujuh butir kurma yang tumbuh diantara bebatuan hitam (di Madinah) pada pagi-pagi, dia tidak akan celaka oleh racun sampai petang.” (HR. Muslim no. 3813)
·Terapi Bekam (Al-Hijamah)
Terapi bekam merupakan terapi detoksifikasi, pengeluaran darah kotor dari dalam tubuh (blood letting) yang notabene merupakan toksin (racun). Terapi ini apabila memungkinkan yakni dengan cara membekam pada bagian yang tampak bekas sihir.
Abu ‘Abid menuturkan di dalam kitabnya, Gharîb Al-Hadîts, dengan sanadnya yang berasal dari Abdurrahman bin Abi Laila bahwasanya Nabi mencantuk kepalanya dengan menggunakan tanduk pada waktu beliau terkena pengaruh sihir. Bagian lainnya yang direkomendasikan untuk dibekam pada kasus sihir misalnya, yakni pada bagian ‘alâ ra’sin, titik tertentu pada bagian kepala. Rasûlullâh bersabda:
“Sekiranya ada obat yang baik untuk kalian atau ada sesuatu yang baik untuk kalian jadikan obat, maka itu terdapat pada bekam atau minum madu atau sengatan api panas (terapi dengan menempelkan besi panas di daerah yang luka) dan saya tidak menyukai kay.” (HR. Al-Bukhârî &
Muslim, lafal al-Bukhari)
·Terapi Tekanan Pada Aliran Darah
Terapi ini dilakukan, diantaranya dengan menekann aliran darah pada leher, ibu jari kaki, area telapak tangan, dan lain sebagainya dari titik-titik refleksi, yang erat kaitannya dengan sistem syaraf ke otak. Berdasarkan pemahaman bahwa syaithân yang merasuki tubuh manusia, mengalir melalui aliran darah.
Sesungguhnya syaithân berjalan dalam tubuh manusia melalui aliran darah.” (HR. al-Bukhârî &
Muslim, lafal Muslim)
30 Telah menceritakan kepada kami Jum'ah bin Abdullah berkata, telah menceritakan kepada kami Marwan berkata, telah mengabarkan kepada kami Hasyim bin Hasyim berkata, telah mengabarkan kepada kami Amir bin Sa'd dari Bapaknya ia berkata, Rasulullah saw bersabda..... Hadits-hadits tentang kurma ‘azwah diriwayatkan Imam Bukhari melalui beberapa jalur.
Pelatihan Ruqyah Syar’iyyah :: Irfan Abu Naveed | 13
Dalam praktiknya, boleh menggunakan benda semisal kayu pijat. Namun secara umum ada hal-hal yang harus diperhatikan:
Pertama, Tidak berlebihan dalam menekan leher orang yang diruqyah (tidak menyakiti fisiknya).
Kedua, Berhati-hati dalam menyimpulkan penyakit. Pada kasus tekanan pada leher yang berlebihan memungkinkan setiap orang (baik orang yang sehat maupun sakit) merasa pusing, pingsan.
·Terapi Usapan & Pukulan Ringan
Dalam terapi ruqyah syar’iyyah, memukul pasien yang sebenarnya ditujukan kepada syaithân (jin), telah dicontohkan Rasûlullâh dan para ‘ulama (salaf & khalaf), bisa dengan tangan kosong atau alat semisal kayu pijat, rotan atau sandal. Syaikh Riyadh Muhammad Samahah dalam kitabnya31, mengutip riwayat-riwayat yang menunjukkan Rasûlullâh pernah mengobati orang yang dirasuki jin dengan memukulnya. Yang di antaranya diriwayatkan Ibnu Majah (2/1175).
Pengaruh dari pukulan ini, sebagaimana sentuhan (khasiat bi idznillâh) yang dicontohkan oleh Rasûlullâh dalam sejumlah hadits, salah satunya hadits dari ‘Utsman bahwasanya dia mengeluh kepada Rasûlullâh tentang suatu penyakit, maka beliau bersabda:
Barangsiapa diantara kalian merasa kesakitan maka hendaklah meletakkan tangan kanan padanya dan hendaklah menyebut nama Allâh (basmalah) tiga kali dan berdo’a dengan, ‘Aku berlindung kepada keperkasaan Allâh dan kekuasaan-Nya dari kejahatan yang kutemukan dan yang kukhawatirkan’ (bacalah) 7 kali.” (HR. Muslim)
G. Fungsi Terapi Ruqyah Syar’iyyah
·Pencegahan (Preventif)
Imam Muslim meriwayatkan hadits dalam Shahîh-nya:
“Barangsiapa yang membaca sepuluh ayat dari surat al-Baqarah dalam satu rumah, syaithân tidak akan masuk ke dalam rumah tersebut pada malam itu hingga datang waktu pagi, yaitu empat ayat pada awal surat ditambah ayat kursi dan dua ayat sesudahnya dilanjutkan dengan ayat di akhir surat’.
(HR. Muslim & Ibn Hibbân dalam shahîh-nya)
Khaulah binti al-Hakim al-Salamiyyah berkata: “Aku mendengar Rasûlullâh bersabda:
Barangsiapa singgah di suatu tempat lalu mengatakan: “Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allâh yang sempurna dari keburukan apa yang diciptakan-Nya”, maka ia tidak akan ditimpa oleh marabahaya apapun sampai ia pergi dari tempat singgahnya itu.(HR. Muslim)
31 Syaikh Riyadh Muhammad Samahah, Dalîlul Mu’âlijîn bil Qur’ânil Karîm.
Pelatihan Ruqyah Syar’iyyah :: Irfan Abu Naveed | 14
·Terapi Pengobatan (Represif)
Manfaat ruqyah tak terbatas mengobati penyakit gangguan jin atau sihir, tapi juga mencakup terapi untuk penyakit fisik dan psikis (baca: stress atau gila). Berdasarkan sejumlah keterangan hadits. Dari Anas bin Malik, ia berkata:
“Diperbolehkan meruqyah penyakit karena penyakit demam, karena gigitan semut, dan ‘ain (pandangan mata jahat).” (HR. Muslim no. 4072)
Imam Ibn Qayyim al-Jawziyyah mengatakan: “Ketahuilah bahwa obat Rabbani dapat menanggulangi penyakit ketika sakit dan dapat mencegah sebelum sakit. Jika terjadi sakit, sakit itu takkan membahayakannya meskipun ia merasakan sakit.”32
Di sisi lain, ada dua poin plus yang bisa terapis lakukan sebagai bentuk salah satu bentuk uslub dakwah:
Pertama, apabila terapis ruqyah menerapi orang yang sakit dengan ruqyah syar’iyyah dan menyentuh qalbu-nya disertai tausiyah yang mengingatkan pada Allâh , memberikan suntikan motivasi rûhiyyah, maka hal itu bisa mencegah orang yang sakit berputus asa dari rahmat Allâh .
Kedua, apabila terapis ruqyah memahamkan orang yang sakit tentang akidah dan syari’ah
Islam dan perdukunan dari sudut pandang Islam, maka hal itu bisa mencegah mereka berobat ke dukun (kâhin) atau orang pintar (‘arrâf).
Dalam proses terapi penyakit fisik, lebih sempurna apabila ruqyah syar’iyyah disinergikan dengan terapi penyakit fisik sebagaimana dicontohkan Rasûlullâh dan para sahabat.33 Dari ‘Abdullah ia berkata, Rasûlullâh bersabda:
“Hendaklah kalian (berobat) dengan dua terapi penyembuhan; madu dan al-Qur’ân.” (HR. Ibnu Majah no. 3443)34
H. Praktik Ruqyah
Dalam praktiknya, tidak ada urutan tartîb yang pakem dalam praktik ruqyah, namun secara umum bisa disimpulkan dalam poin-poin berikut ini:
Pertama, Ruqyah Mandiri
Praktik ruqyah mandiri tergambar dalam hadits-hadits berikut:
“Bahwa Rasûlullâh ketika hendak tidur, beliau meniupkan ke kedua tangannya sambil membaca dua surat perlindungan (surat al-Nâs dan al-Falaq), lalu beliau mengusapkan ke badannya.” (HR. al-Bukhârî no. 5844)
Namun bisa disimpulkan sebagai berikut:
·Bersiap-siap sebagaimana layaknya orang yang hendak berzikir atau membaca al-Qur’an, dalam keadaan berwudhu, pada tempat yang baik suci dari najis dan bersih dari hal-hal yang mengundang murka Allah, dan diutamakan menghadap ke kiblat,
·Mewiridkan bacaan ruqyah syar’iyyah dengan memerhatikan adab-adabnya,
32Ibn Qayyim al-Jawziyyah, Zâd al-Ma’âd fî Hadyi Khayr al-‘Ibâd.
33Salah satu rujukan yang bagus tentang ini ialah kitab al-Thibb al-Nabawiy, karya Ibnu Qayyim.
34Ibn Qayyim al-Jawziyyah, Al-Thibb al-Nabawiy (يوبنلا بطلا).
Pelatihan Ruqyah Syar’iyyah :: Irfan Abu Naveed | 15
·Tiupkan bacaan ruqyah pada kedua telapak tangan,
·Mengusap, menekan area tubuh yang sakit (jika merasakan suatu rasa sakit pada anggota badan).
Kedua, Tata Cara Meruqyah Orang Lain
Bagaimana cara meruqyah orang lain? Berdasarkan petunjuk praktik ruqyah syar'iyyah yang dicontohkan Rasulullah secara umum bisa kita simpulkan:
·Duduk di sisi kanan atau kiri orang yang hendak diruqyah, lalu bacakan do’a-do’a ruqyah syar'iyyah.
·Meniup orang yang diruqyah terutama diarahkan pada bagian tubuh yang sakit,
Tiupan tersebut, sebagaimana dilakukan Rasulullah , berdasarkan hadîts dari
‘Aisyah :
“Bahwa Rasûlullâh ketika hendak tidur, beliau meniupkan ke kedua tangannya sambil membaca dua surat perlindungan (surat al-Nâs dan al-Falaq), lalu beliau mengusapkan ke badannya.” (HR. al-Bukhârî no. 5844)
·Jika diperlukan, lakukan terapi-terapi pendukung ruqyah semisal; tekanan, usapan, pukulan ringan, terapi air garam atau bidara, dan selama pembacaan sesekali tiupkan pada air (mengandung sedikit hembusan nafas) yang dicampur garam, lalu minumkan air tersebut.
Ketiga, Ruqyah Tempat
Pada prinsipnya, persiapan, adab dan bacaan meruqyah tempat tak jauh berbeda dengan meruqyah orang:
·Hidupkan rumah dengan amal shalih (halaqah, mengaji, -) dan bersihkan dari hal-hal yang mengundang kemurkaan Allah semisal jimat syirkiyyah (jika ada dibakar atau dimusnahkan terlebih dahulu),
·Sampaikan kata-kata peringatan syar’i yang memperingatkan Bangsa Jin agar tidak berbuat zhalim, misalnya kata-kata ini:
“Aku peringatkan kalian dengan sumpah yang pernah diucapkan Nabi Sulaiman kepada kalian; keluarlah dan pergilah kalian dari rumah kami. Aku sumpah kalian dengan nama
Allâh; keluarlah kalian dan janganlah kalian menyakiti seorang pun.”
Hal ini berdasarkan kata-kata peringatan yang dicontohkan Rasûlullâh ketika beliau menemukan syaithân golongan jin yang menyerupai ular rumah. Rasûlullâh bersabda:
Sesungguhnya di dalam rumah-rumah ada sekelompok jin, jika kalian melihat sesuatu dari mereka maka persempitlah untuknya tiga hari jika ia bersedia pergi, dan jika tidak maka bunuhlah karena sesungguhnya dia kafir.(HR. Muslim)
·Bacakan ruqyah syar’iyyah pada air dalam wadah yang dicampur garam.
Pelatihan Ruqyah Syar’iyyah :: Irfan Abu Naveed | 16
Syaikh Wahid ‘Abd al-Salam menjelaskan:
“Jika ada sesuatu yang terasa di rumah tersebut, siapkan air pada wadah dan dekatkan mulut padanya lalu bacalah (do’a-do’a ruqyah syar’iyyah-pen.).”
· Percikkan pada sudut-sudut tempat, dan area luar di sekeliling tempat. Syaikh Wahid bin ‘Abd al-Salam Baali menjelaskan:
“Kemudian bawalah air tersebut ke seluruh penjuru (sudut-sudut) tempat, dan letakkan (percikkan) air tersebut ke setiap penjuru rumah, maka mereka (syaithan golongan jin) akan keluar dengan izin Allâh.”
Syaikh al-Tihami menuturkan ketika menjelaskan tentang adab malam pengantin:
“Maka Syaikh Ibnu Yamun memberitahukan bahwasanya seorang suami juga dituntut waktu hendak bersetubuh sebelum meletakkan tangannya di atas ubun-ubun istri, agar membasuh ujung kedua tangan pengantin wanita dan kedua kakinya dengan air di dalam wadah, mengucapkan asma Allâh dan bershalawat atas Rasûlullâh , kemudian memercikkan air tersebut ke sudut-sudut rumah. Karena sungguh telah sampai (keterangan) bahwasanya melakukan hal itu akan meniadakan (menangkal) hal buruk dari syaithân, dengan sebab keutamaan (keagungan) Allâh .”
Gambaran do'a, ruqyah sebagai perlindungan syar'i disebutkan dalam hadits shahih:
“Barangsiapa yang membaca sepuluh ayat dari surat al-Baqarah dalam satu rumah, syaithân tidak akan masuk ke dalam rumah tersebut pada malam itu hingga datang waktu pagi, yaitu empat ayat pada awal surat ditambah ayat kursi dan dua ayat sesudahnya dilanjutkan dengan ayat di akhir surat.” (HR. Muslim & Ibn Hibbân dalam shahîh-nya)
Khaulah binti al-Hakim al-Salamiyyah berkata, ‘Aku mendengar Rasûlullâh bersabda:
“Barangsiapa singgah di suatu tempat lalu mengatakan: “Aku berlindung dengan kalimat- kalimat Allâh yang sempurna dari keburukan apa yang diciptakan-Nya”, maka ia tidak akan ditimpa oleh marabahaya apapun sampai ia pergi dari tempat singgahnya itu.” (HR. Muslim)
Catatan Penting!
Dalam praktik ruqyah secara umum, sebelum memulai terapi bersihkan segala hal yang berbau syirik; bertaubat dari kesyirikan, perdukunan, membakar benda-benda yang mengundang kesyirikan.
Pelatihan Ruqyah Syar’iyyah :: Irfan Abu Naveed | 17
I. Hukum Meminta Ruqyah
Tidak sedikit orang ragu untuk meminta bantuan ruqyah syar’iyyah karena keliru memahami hadits shahih berikut ini:
“Akan masuk surga dari golongan umatku sebanyak tujuh puluh ribu orang tanpa hisab.” Mereka bertanya: “Siapakah mereka wahai Rasûlullâh?” Beliau menjawab: “Meraka adalah orang yang tidak melakukan pengobatan kay, tidak melakukan ruqyah, dan mereka bertawakal kepada Rabb mereka.” Lalu Ukkasyah berdiri seraya berkata: “Berdoalah untukku agar Allah memasukkanku ke dalam kelompok mereka.” Beliau bersabda: “Kamu termasuk mereka.” (HR. al-Bukhârî, Muslim &
Ahmad. Lafal al-Bukhârî)
Penjelasan Para Ulama Atas Hadits Ini
Ulama menanggapi hal itu dengan beberapa komentar, yakni sebagai berikut: Pertama, Al-Hafizh al-Thabari, Imam al-Maziri dan satu golongan, menyatakan bahwa
Mereka tidak menggunakan mantra (ruqyah), dan berserah diri kepada Rabb mereka,” bahwa
(golongan orang dengan ruqyahnya tak termasuk golongan yang masuk surga tanpa hisab, - pen.) dalam hadits itu ditujukan untuk orang yang menganggap bahwa obat dapat menyembuhkan dengan sendirinya, sebagaimana keyakinan orang pada masa jahiliyyah.
Al-Qadhi Iyadh berpendapat bahwa hadits itu menunjukkan bahwa 70.000 orang tersebut memiliki keistimewaan dari yang lainnya. Barangsiapa meyakini bahwa obat memberikan pengaruh dengan sendirinya atau menggunakan ruqyah jahiliyyah dan sejenisnya maka ia bukanlah seorang muslim.
Penulis tegaskan, salah satu syarat ruqyah syar’iyyah ialah tak diyakini Ruqyah yang memberi pengaruh dengan sendirinya, tetapi berpengaruh atas izin Allâh . Ruqyah dan orang yang membacanya (al-râqiy) hanyalah wasilah, ikhtiar mengupayakan kesembuhan dari Allâh .
Syaikh Wahid ‘Abd al-Salam Bâli berkata: “Perlu saya ingatkan bahwa ruqyah yang dimaksudkan dalam hadits di atas adalah ruqyah yang mengandung permintaan tolong kepada jin, serta hal lainnya yang termasuk kategori syirik.”
Imam Ibn Baththal (w. 449 H) ketika menjelaskan hadits di atas, di antaranya menukil penjelasan Imam Abu al-Hasan al-Qasibi:
”Makna mereka tidak meminta ruqyah, yang dimaksud meminta ruqyah –dalam hadits ini- adalah ruqyah yang telah mereka minta dulu pada masa jahiliyyah kepada dukun-dukun mereka, dan hal itu berarti permintaan terhadap ruqyah yang bukan dari bacaan
KitabuLlaah, tidak pula dengan Asmaa’ Allah dan Sifat-Sifat-Nya, dan ia hanyalah bagian dari sihir. Adapun perbuatan meminta ruqyah dengan bacaan KitabuLLaah, dan do’a perlindungan dengan Asmaa’ Allah dan Kalimat-Kalimat-Nya, maka sungguh Rasulullah
Pelatihan Ruqyah Syar’iyyah :: Irfan Abu Naveed | 18
telah melakukannya dan memerintahkannya dan hal itu tidak keluar dari sikap bertawakal kepada Allah dan tidak diharapkan dari pengobatan tersebut kecuali keridhaan Allah.”35
Ketika menjelaskan mengenai ruqyah, Imam Ibn al-Atsir menuturkan bahwa dalam hadits-hadits terdapat dalil kebolehan ruqyah dan yang terlarang. Lalu ia berkata bahwa salah satu hadits yang menunjukkan kebolehan meminta ruqyah adalah hadits (
) artinya: ”Mintalah ruqyah kepada seseorang yang bisa meruqyahnya dari gangguan mata jahat.” Dan yang menunjukkan larangan atasnya ( ).36 Dan hadits-hadits
pada dua bagian ini banyak, dan dengan men-jama’ di antara keduanya dipahami bahwa ruqyah dibenci jika mengandung ucapan selain bahasa arab, bukan Asmaa’ Allah, Sifat-Sifat- Nya dan firman-Nya dalam kitab-kitab yang diturunkan-Nya, atau dengan keyakinan bahwa ruqyah bermanfaat tanpa ada campur tangan-Nya sehingga manusia bergantung padanya, dan untuk itulah maksud hadits ( ) namun tidak dibenci jika menyelisihi hal-hal
di atas; misalnya membaca do’a perlindungan dengan al-Qur’an, Asmaa’ Allah, bacaan ruqyah yang diriwayatkan dalam as-Sunnah.
Al-Hafizh an-Nawawi dalam Syarh Shahîh Muslim menjelaskan ketika menggabungkan hadits-hadits yang mengandung larangan dan kebolehan ruqyah: “Sesungguhnya larangan terhadap ruqyah berlaku bagi ruqyah yang menggunakan perkataan kufur, dan ruqyah yang tak diketahui artinya misalnya menggunakan bahasa selain bahasa arab atau apapun yang tak diketahui artinya. Ruqyah jenis ini tercela karena kemungkinan mengandung kekufuran atau mendekati kekufuran atau mengandung sesuatu yang dibenci. Adapun ruqyah dengan ayat-ayat al-Qur’an, zikir-zikir yang baik maka tidak terlarang bahkan dihukumi sunnah.”37
Kedua, Imam Hulaimi berkata: “Barangkali yang dimaksud dengan mereka yang disebutkan itu adalah orang yang melalaikan kondisi dunia dan usaha manusia. Mereka tak mengetahui ruqyah kecuali hanya berdo’a dan berpegangan kepada Allâh , dan rela terhadap ketentuan-Nya.”
Ketiga, Yang diinginkan dari meninggalkan ruqyah adalah berpegangan kepada Allâh dalam menolak penyakit dan rela dengan ketentuan-Nya, bukan mencela kebolehannya karena ruqyah itu memang ada seperti dijelaskan oleh hadits-hadits shahîh dan juga riwayat para ulama salaf. Akan tetapi, posisi rela dan menerima lebih tinggi dari menjalani sebab. Hal inilah yang dituju Imam al-Khaththabi dan para pengikutnya.” Al-Hafizh Ibn Katsîr berkata: “Ini adalah sifat para wali yang menghindar dari dunia dan yang berkaitan dengannya. Mereka adalah wali yang khusus.”
Al-Hafizh al-Nawawi berkata bahwa di antara mereka ada yang mengatakan dalam mengkompromikan dua hadîts (yang nampak bertentangan), sesungguhnya pujian untuk meninggalkan ruqyah menunjukkan afdhaliyyah (hal yang lebih utama), dan kejelasan tawakkal. Dan orang yang melakukan ruqyah dan diizinkannya hal itu menunjukkan kebolehannya tetapi itu meninggalkan hal yang lebih utama. Inilah yang dikatakan Ibnu Abdil Bar, dia menceritakan dari orang yang menceritakannya. Sikap yang dipilih (Imam al-
35Ibn Baththal Abu al-Hasan ‘Ali bin Khalaf, Syarh Shahiih al-Bukhaarii, Riyadh: Maktabah al-Rusyd, Cet. II, 1423 H, juz IX, hlm. 403.
36Majduddin Abu al-Sa’aadaat al-Mubarak bin Muhammad al-Jazari, Al-Nihaayah fii Ghariiib al-Hadiits, juz II, hlm. 255.
37Al-Hafizh al-Nawawi, Syarh Shahiih Muslim (14/196)
Pelatihan Ruqyah Syar’iyyah :: Irfan Abu Naveed | 19
Nawawi) adalah yang pertama. Mereka telah menukil tentang ‘ijma bolehnya ruqyah dengan ayat-ayat dan kalimat dzikrullâh.”38
Namun atas poin ini, penyusun cenderung pada penjelasan al-Hafizh al-Thabari yang berujar: “Ada yang mengatakan bahwa tidak berhak untuk pasrah kecuali orang yang hanya takut pada Allâh . Ia tak takut terhadap binatang buas dan musuh. Yang benar bahwa barangsiapa yang beriman kepada Allâh dan yakin akan ketentuan-Nya maka dia juga menjalani sebab (usaha) dan tak berpangku tangan, sesuai ajaran Allâh dan Nabi yang memerintahkan ikhtiar. Dalam perang, Nabi memakai baju besi, memasang parit sekitar Madinah, mengizinkan untuk berhijrah ke Habasyah dan Madinah. Beliau juga ikut berhijrah ke Madinah. Beliau makan dan minum, menyimpan makanan untuk keluarga. Beliau tidak menunggu sesuatu turun dari langit meskipun beliau layak mendapatkannya. Ada yang bertanya kepada beliau: “Saya ikat unta saya atau saya biarkan?” Beliau menjawab: “Ikatlah, kemudian berserah diri.” Dalam hal ini, beliau mengisyaratkan bahwa usaha manusia tak bertentangan dengan tawakal. Wallâhu a’lam.39
Syaikh ‘Abd al-‘Azhim menegaskan: “Rasûlullâh telah berobat dan menganjurkan berobat. Sudah menjadi hal yang maklum bahwa tidak ada seorang pun yang menyamai tingkatan yang dicapai Rasûlullâh . Tidak ada yang mampu menandingi tawakal beliau kepada Allâh . Oleh karena itu, pengobatan tidaklah menghapus sikap tawakal. Sikap tawakal itu masih ada pada orang yang berobat dan yakin bahwa yang menyembuhkan bukanlah obatnya, melainkan Allâh . Obat hanyalah sarana penyembuhan.”
Syaikh Riyadh Muhammad Samahah berkata: “Usaha lahiriah tidak bertentangan dengan keyakinan hati, bahkan keduanya harus dijalankan secara beriringan.”40 Haram berputus asa dari rahmat Allâh. Maha Benar Allâh yang telah berfirman:
“..Sesungguhnya tiada berputus asa dari rahmat Allâh, melainkan kaum yang kafir.” (QS. Yûsuf
[12]: 87)
Imam al-Rafi’i berpendapat bahwa berobat itu sendiri hukumnya sunnah41, ia menggunakan dalil42, Rasûlullâh , bersabda:
Allâh tidak akan menurunkan suatu penyakit, kecuali diturunkan-Nya pula obat atau penangkalnya.” (HR. al-Bukhârî)43
Para orang Arab badui berkata: “Wahai Rasûlullâh , Apakah kami harus berobat (jika sakit)?” Beliau menjawab:
"Ya, wahai sekalian hamba Allâh, Berobatlah sesungguhnya Allâh tidak menciptakan suatu penyakit melainkan menciptakan juga obat untuknya kecuali satu penyakit."
Mereka bertanya: “Penyakit apakah itu wahai Rasûlullâh?” Beliau menjawab: “Yaitu penyakit tua (pikun).” (HR. al-Tirmidzi dan lainnya. Hadits Hasan Shahîh). []
38Ibid, 7/325.
39Al-Hafizh Ibn Hajar al-‘Asqalani, Fat-hul Bârî’, juz. 10, hlm. 211-212.
40Riyadh Muhammad Samahah, Dalîl al-Mu’âlijîn bi al-Qur’ân al-Karîm
41Tentang hukum berobat, bisa dirujuk juga pembahasan Syaikh Prof. ‘Abd al-Qadim Zallum dalam
Hukmu al-Syar'i fî al-Istinsakh, Naql al-A'dhâ', al-Ijhadl, Athfâl al-Anabib, Ajhizah al-In'asy al-Thibbiyah, al- Hayah wa al-Mawt.
42Lihat: Syarh al-Mahally wa Hâsyiyah al-Qulyubi, hlm. 403, juz. 1.
43Lihat: Kitâb al-Thibb
Pelatihan Ruqyah Syar’iyyah :: Irfan Abu Naveed | 20


DOWNLOAD FILE PDF (versi lengkap)
https://www.facebook.com/download/1590994524448977/Makalah-Ruqyah%20dalam%20Pandangan%20Islam.pdf


SEKALIGUS SEBAGAI BANTAHAN DAN JAWABAN dalam link

http://zanuuragha.blogspot.com/2015/01/awas-ruqyah-mengandung-syirik.html?m=0


SALAM TAUHIDlike, share
https://www.facebook.com/groups/RumahRuqyahMojokerto/

No comments:

Post a Comment